Kenapa IKPM Jakarta Harus Beda?

Hari ini Minggu 20 Desember 2020, sebanyak 118 pengurus IKPM Gontor cabang Jakarta periode 2020-2025 resmi dilantik oleh Ketum PP IKPM Gontor di Pesantren Darunnajah Jakarta.

Pelantikan pengurus baru ini terasa sangat istimewa. Dihadiri langsung oleh Pimpinan Pondok Modern Gontor, KH Hasan Abdullah Sahal dan KH Akrim Mariyat.

Hari-hari jelang pelantikan pengurus baru IKPM cabang Jakarta juga begitu gegap gempita. Ucapan selamat di beberapa saluran media sosial mengalir dari berbagai kalangan, mulai dari Wapres RI periode 2014-2019, Jusuf Kalla, Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria, Komandan Pasukan Garuda yang sedang bertugas di Unifill Lebanon, IKPM Turki dan berbagai IKPM cabang di belahan Nusantara juga tak mau ketinggalan.

Apa sebenarnya yang membuat IKPM Jakarta harus beda?

Jika merujuk pada sejarah berdirinya organisasi IKPM yang merupakan wadah silaturrahmi berkumpulnya para alumni Gontor pada tahun 1949, IKPM Yogyakarta seharusnya menyandang gelar istimewa.

Di Kota Gudeg itu organisasi bernama  IKPM Gontor pertama kali disepakati pendiriannya. Kala itu pertemuan dihadiri oleh TRIMURTI pendiri Gontor bersama dengan perwakilan alumni Gontor dari berbagai daerah.

TRIMURTI sejak dulu sudah memikirkan akan mempersiapkan kegiatan alumni Gontor. Beliau-beliau tidak mau hubungan anak-anak yang dididik putus setelah tamat dari Gontor, dan tidak mau nilai-nilai pendidikan di Gontor luntur selepas lulus KMI.

Jika IKPM cabang Yogyakarta menyandang gelar istimewa karena bersejarah sebagai kota lahirnya IKPM, maka IKPM cabang Jakarta bisa dikatakan adalah barometer wajah alumni Gontor di pentas nasional maupun internasional.

Untuk itu IKPM Jakarta memang harus beda. Sebab, tak sedikit dari alumni Gontor yang berperan di pentas nasional maupun internasional pintu gerbangnya dari IKPM Jakarta.

Selain itu, Syiar nilai-nilai Gontory akan lebih keras menggema jika digaungkan dari Ibu Kota Negara lewat IKPM Jakarta.

Namun demikian, tugas pengurus IKPM Jakarta tidaklah ringan. Sebagai barometer IKPM se-dunia tentulah wajahnya harus selalu indah dengan berasaskan nilai-nilai Gontory.

IKPM Jakarta adalah representasi pengabdian alumni terhadap almamaternya untuk melayani semua urusan Pondok Modern Gontor dan terutama untuk kepentingan ummat.

IKPM Jakarta juga merupakan tuan rumah bagi semua alumni Gontor baik senior maupun yunior dalam skala nasional maupun internasional.

Dari IKPM Jakarta diharapkan muncul informasi-informasi penting di segala bidang mulai informasi pendidikan, ekonomi, sosial, politik dan budaya.

Hemat saya, tugas terberat dari Pengurus IKPM Jakarta adalah kaderisasi. Yakni, Mempersiapkan kader-kader penerus Alumni Gontor terdahulu yang sudah banyak menorehkan kesuksesan dengan tinta emas di berbagai bidang.

Maka sangat wajar bila kepengurusan IKPM Jakarta berjumlah 118 personil, dengan dikomandoi Ketua Umum KH Sofwan Manaf yang tentunya sangat tidak diragukan lagi kepemimpinannya.

Mungkin inilah struktur kepengurusan IKPM cabang tergemuk dari yang pernah ada dengan menggabungkan banyak unsur yang ekspert di bidangnya.

Perbedaan lain, kepengurusan IKPM Jakarta kali ini tidak hanya diisi beberapa nama yang berdomisili di Jakarta. Beberapa ada yang domisilinya di luar Jakarta bahkan luar negeri.

Wasekjend Zakiyanto Arief menjelaskan, kepengurusan kali ini sengaja melakukan “Naturalisasi” dari beberapa daerah ke IKPM Jakarta karena ingin menampung aspirasi secara nasional dan tentunya diisi dengan orang-orang terbaik yang punya jiwa pengabdian dan loyalitas tinggi untuk memperjuangkan kepentingan ummat.

Selain itu alasan beratnya tantangan dan tugas IKPM Jakarta ke depan juga menjadi pertimbangan lain. Bisa jadi inilah kepengurusan Los Galacticos IKPM Jakarta.

Pada akhirnya, kita sebagai Alumni Gontor harus kembali mengingat pada nilai dasar tujuan Utama IKPM adalah mempererat kekeluargaan alumni, maka yang tertulis dalam AD/ART agar ditaati, sebagai pedoman organisasi dan hendaknya hubungan baik antar senior dan yunior agar terjalin dengan saling asah asih asuh.

Selamat mengemban amanah Pengurus Baru IKPM Gontor Cabang Jakarta.!

Oleh: Husain Sanusi/Kabid Komunikasi Publik IKPM Jakarta

Leave a Replay

Sign up for our Newsletter

IKATAN KELUARGA
PONDOK MODERN GONTOR
CABANG DKI JAKARTA

Hak Cipta IKPM DKI Jakarta

Info Update