Pondok Pesantren Terbuka Gratis AL-ISYRAQ

Format pendidikan di Pondok Pesantren Al-Isyraq merupakan kombinasi antara sistem Pondok Pesantren dan perguruan tinggi, antara dzikir dan fikir, antara penghayatan pengamalan dan penalaran intelektual. Masa pendidikan adalah 12 semester atau enam tahun, sedangkan waktu belajar dua kali : Pagi (bagi yang mempunyai kegiatan sore) mulainya pada Ba’da Shubuh dan malam hari pada pukul 18.30 WIB dan 20.00 WIB. Sore (bagi yang mempunyai kegiatan pagi) mulainya pada Ba’da Ashar dan malam hari pada pukul 18.30 dan 20.00 WIB. Satu kali belajar / ngaji maksimal satu jam.

Video Profil

Info lainnya

Facebook
Twitter
WhatsApp

Tentang Kami

Cikal bakal

Pondok Pesantren Al-Isyraq adalah lembaga pendidikan yang berawal dari Majelis Ta’lim yang tersebar di wilayah Jakarta barat dan sekitarnya dengan nama yang berbeda-beda, kemudian pada tanggal 19 Dzulhijjah 1430/6 Desember 2009 Pada waktu Isyraq telah disamakan namanya dengan nama al-Isyraq

Worried about the condition of your house? Don’t fret! At https://www.cash-for-houses.org/arizona/, cash buyers are interested in purchasing homes in any condition.

 Asal mula tanah waqaf

library64KH. Suherman Mukhtar, SHI. MA. Berpindah dari tempat mertuanya kepejuangan yang masih di wilayah Kebon Jeruk, kemudian ketika di Kampung Pejuangan ia membangun rumah pribadi, setelah selesai membangun rumahnya beliau ditawarkan oleh saudaranya dari pihak istri yakni Bapak Masuri, SH dan Bapak Sadeli sebagai waqaf ibunya yakni Hj. Safurah untuk membangun Mushalla dengan luasnya: lebar 6.80 m kali panjang 5.25 m, kemudian Hj. Iyof (orang tua dari mertua Suherman Mukhtar SHI. MA) melihat lokasinya beliau merasa terpanggil hatinya untuk menambahkan luas tanah tersebut, padahal ketika itu ia sedang di tawarkan untuk pergi umroh, namun ia lebih memilih uangnya untuk membeli tanah dari Hj. Safuroh seluas 30 m², seharga seratus juta rupiah (Rp;100.000.000) yang diperuntukan untuk Pondok Pesantren sebagai waqaf dirinya dari pada umrah, Subhanallah.

Kemudian setelah itu pada tahun berikut tepatnya pada hari senin 06 Mei 2013/26 Jumadil Akhir 1434H atau pada pembangunan Ke-2 Pondok Pesantren Al-Isyraq mengadakan perluasan kembali dengan memperoleh tanah wakaf dari Bapak Masuri, SH Sadeli, Bapak Sadeli, Ibu Hj. Mastanah, dan Ibu Masiyah, begitupula murid-murid dan jama’ahnya yang lain juga tidak mau ketinggalan dengan mengikut sertakan diri mereka ikut dalam lelang waqaf berupa tanah dan bangunan permanen dua lantai dengan luas 30 m², yang dibeli dari adik Ibu Hj. Mastanah yakni Ibu Masiyah dengan harga Rp. 340.000.000 (Tiga Ratus Empat Puluh Juta Rupiah), Alhamdulillah dalam waktu tiga bulan lunas dari tanggal 25 November 2014 sampai tanggal pelunasan pada 25 Februari 2014 di Jakarta tepatnya di rumah kediaman KH. Suherman Muchtar, MA.

Nama Al-Isyraq pertamakali digunakan oleh salah satu Majelis Ta’lim yang di Asuh oleh KH.Suherman Mukhtar MA, yaitu bertepat di Kampung Rawa, Jln Salman tepatnya di Rumah kediaman Bapak Andri bin H.Ali yang sebelumnya bertempat di Mushalla Nurul Iman, dikarenakan ada suatu hal maka pengajian dipindah ke kerumah Bapak H.Ali. Yang memberi nama al-Isyraq adalah KH. Suherman Mukhtar, MA. sendiri. Kemudian ketika diadakan rapat untuk memberikan nama Pondok Pesantren, KH. Suherman Mukhtar, MA. lebih memilih al-Isyraq dibandingkan nama-nama yang lainya.

folder128Secara bahasa al-Isyraq berasal dari kata asyraqa yusyriqu isyraqan yang artinya penyinaran, penerangan, pencahayaan. Kalau di kaji dengan menggunakan kaca mata Tashawwuf ada seorang ulama Tashawwuf yang bernama Imam Suhrawadi al-Maqtul seorang yang memiliki pengetahuan yang luas dalam berbagai aliran filsafat Yunani maupun filsafat Persia dan India. Beliau berasal dari Aleppo nama lengkapnya adalah Abu al-Futuh Yahya ibn Amrak Suhrawardi, lahir di Suhrawardi. Berliau mempunyai paham dalam berdekat diri kepada Allah SWT, yakni; al-Isyraq yakni penyinaran. Apabila dilihat dari kaca mata alam maka al-Isyraq adalah nama waktu pagi yang di sunnahkan shalat, nama shalat sunnahnya adalah ; shalat sunnah isyraq. Berharap berkah kepada Allah SWT dari tafaul penamaan ini, mudah-mudahan Pondok Pesantren al-Isyraq ini selalu mendapat sinar dari Allah dan dapat menyinari alam semesta ini, sehingga Pondok Pesantren Al-Isyraq menjadi pondok Pesantren yang banyak memberikan manfaat bagi segala lapisan masyarakat dan alam semesta. Amiin

Visi 

Mewujudkan santri yang dapat menulis dan membaca kitab kuning, cerdas, berakhlak dan bertanggung jawab, serta mewujudkan masyarakat muslim yang berakhlak mulia sejahtera lahir dan bathin dalam ikatan Ukuwah Islamiyyah, sehingga dapat menjadi Rahmatan Lil Alamin

 

Misi 

Memasyarakatkan kitab kuningmemberikan bimbingan dan pembinaan pada santri untuk meningkatkan pemahaman agama Islam,memberikan pelayanan untuk keperluan-keperluan ritual agama Islam, membina jama’ah agar memiliki Akhlakul Karimah, memfasilitasi jama’ah dalam kajian-kajian keislaman terutama menyangkut isu-isu konteporer untuk menangkal pengaruh buruk budaya asing yang tidak sesuai dengan kehidupan Islam.

Unit Usaha Lainnya

IKATAN KELUARGA
PONDOK MODERN GONTOR
CABANG DKI JAKARTA

Hak Cipta IKPM DKI Jakarta

Info Update